Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

    Belimbing wuluh atau yang juga sering disebut sebagai belimbing sayur banyak digunakan oleh ibu-ibu untuk bahan masakan.  Walaupun demikian, buah yang memiliki rasa asam ini memiliki banyak khasiat atau manfaat untuk kesehatan, dan ini sudah dibuktikan oleh banyak ilmuan. Dari beberapa percobaan yang dilakukan ditemukan bahwa dari sebuah bagian buah belimbing, baik itu buahnya, daunnya, batang serta bunganya dapat  digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Karena di keempat bagian tersebut banyak mengandung senyawa yang berkhasiat, di antaranya saponin, tannin, glukosida, hingga kalsium.

     

    Berikut ini beberapa manfaat belimbing wuluh :

    Mengobati Rematik

    100 lembar daun belimbing wuluh atau secukupnya, dicuci dulu lalu tumbuk hingga halus, tambahkan kapur sirih, gosokan kebagian yang sakit itu.

    100 gr daun muda belimbing wuluh, 15 biji cengkeh dan 20 biji merica dicuci lalu tumbuk sampai halus lalu tambahkan sedikit cuka hingga aduk hingga rata, Oleskan pada bagian yang sakit.

    Untuk mengobati diabetes

    Caranya cukup mudah yaitu segenggaman belimbing wuluh di tumbuk higga halus lalu direbus sampai mendidih, ketika sudah matang langsung disaring dan air saringan diminum hangat-hangat 2 x sehari, lakukan sampai rutin hingga terasa khasiatnya

    Sebagai obat gondongan

    Daun belimbing wuluh sebanyak 100 lembar atau secukupnya ditumbuk hingga halus bersama 3 buah bawang putih yang agak besar. Setelah halus, barulah di tempelkan pada bagian yang terkena gondongan.

    Untuk mengobati sakit gigi

    Tumbuk buah belimbing wuluh sebanyak 5 buah tidak terlalu halus, lalu kunyah dengan garam hingga terus menerus sampai rasa sakit pada gigi terasa hilang.

    Obat darah tinggi 

    Potong kecil-kecil 4 buah belimbing wuluh, lalu rebus dengan air 4 gelas, ketika air tersisa 1 gelas. Langsung di saring dan air rebusan diminum secara rutin sebelum makan pagi.

    Untuk obat jerawat

    Caranya cukup mudah yaitu buah belimbing diparut kemudian dicampur dengan garam sampai merata, gunakanlah sebagai bedak pada bagian wajah yang berjerawat

    Mengobati Batuk

    Caranya rebus daun, bunga, dan buah belimbing wuluh dalam jumlah yang sama dalam air yang mendidih selama setengah jam. Minum airnya. Cara lain, ambil segenggam daun belimbing wuluh, segenggam bunganya, serta dua buah belimbing wuluh. Rebus dengan 2 gelas air bersama gula batu hingga airnya sisa setengah. Saring dan minum 2 kali sehari.

    Sebagai obat panu

    Sepuluh buah belimbing wuluh dicuci lalu digiling halus, tambahkan kapur sirih sebesar kelereng, diremas sampai rata. Ramuan ini dipakai untuk menggosok kulit yang terkena panu. Lakukan 2 kali sehari

    Mengobati gigi berlubang

    7 buah belimbing wuluh dimakan dengan sedikit garam, kunyah di tempat gigi yang berlubang.

    Demikianlah manfaat belimbing wuluh untuk mengobati berbagai macam penyakit. 


    © 2020 Mjokertocyber Media. All Rights Reserved.

    Please publish modules in offcanvas position.