Manfaat Sirsak

Sirsak (Annona  muricat L) atau dikenal dengan sebutan Durian Belanda. Buah Sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama  fruktosa.Kandungan gizi lainnya vitamin C, Vitamin B1 dan Vitamin B2. Zat antioksidan di dalam buah sirsak pun cukup tinggi. Tidak hanya buah, daun sirsak pun ternyata memiliki kemampuan dahsyat untuk menyembuhkan kanker. Kandungan annonaceous acetogenins dalam daun sirsak yang merupakan senyawa antitumor dan kanker yang bekerja dengan hebat tanpa merusak sel yang sehat . Bahkan, setara dengan efek kemoterapi. Jika kemoterapi masih bisa membunuh sel-sel sehat, rebusan air daun sirsak hanya membunuh sel-sel kanker atau sel-sel yang abnormal. 

Resep Tradisonal

Pengobatan Kanker

Ambil 10 lembar daun sirsak, rebus dengan 3 gelas air sampai tinggal 1 gelas, kemudian diminum 2 sampai 3 kali sehari. Daun yang digunakan adalah daun sirsak yang sudah tua dan berwarna hijau tua. Cara kerja  ramuan daun sirsak di dalam tubuh mirip kemoterapi, yaitu menimbulkan efek panas. namun ini terjadi pada beberapa orang saja. Tidak semuanya merasakan efek yang sama. Khasiat daun sirsak ini biasanya mulai terasa setelah mengonsumsi selama 2 minggu.


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Kandungan yang terdapat pada daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh.

Caranya, siapkan 4/5 lembar daun sirsak, rebus dengan 4 gelas air biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minumlah 1 kali sehari.


Mengobati Sakit Pinggang

Rebusan daun sirsak ternyata juga bermanfaat untuk mengobati sakit pinggang. Caranya, ambil 20 Lembar daun sirsak kemudian direbus dengan menggunakan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas serta minum 1 kali sehar 3/4 gelas. 


Menghilangkan Kutu

Kini kita beralih pada daunnya, Ladies. Daun sirsak jika direbus ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengusir kutu lho, baik kutu rambut atau kutu di tempat tidur.

 


Dapat Mengobati Asam Urat

 Daun sirsak juga dapat digunakan sebagai obat asam urat. Banyak pengobatan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat.

 Caranya sangat mudah yaitu dengan daun sirsak yang sudah cukup tua tapi masih hijau, kira-kira 6 sampai 10 lembar kemudian cuci bersih. Selanjutnya daun sirsak dipotong-potong dengan tujuan memastikan kandungan pada daun benar benar keluar. Rebus daun tersebut dengan dua gelas air, biarkan mendidih hingga air tersisah satu gelas. Minum ramuan tersebut sehari dua kali yaitu pagi dan malam hari.


Menghilangkan Bisul 

Bisul adalah salah satu gangguan kulit yang menjadi momok selain nyeri, ternyata bisul muncul tidak kenal tempat. Bisa di tubuh bisa juga diwajah, nah yang paling merepotkan bila munculnya di wajah karena bisa mengganggu kecantikan.

Caranya, ambil lima sampai 10 lembar daun sirsak yang masih muda lalu tempelkan ditempat yang terkena bisul hingga bisul mengering.


Bayi Mencret

Ambil buah sirsak yang masak, peras dan saring, diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok


Mengobati Eksim dan Rematik 

Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian tubuh yang dirasa ngilu atau sakit karena rematik atau eksim secara teratur 1 hari dua kali.