Khasiat Tauge Untuk Kesehatan Tubuh

Sobat Azzam Rumah herbal, kita sekarang membahas tentang tauge atau kecambah dan manfaat kecambah untuk kesehatan. Sebagaimana kita ketahui Tauge mudah ditemukan dimana-mana dan harganya pun sangat murah dan yang terpenting kita dapat membuat nya sendiri. Pada tulisan kali ini kita  bahas bagaimana cara membuat tauge sendiri.

Bagi Kita yang tinggal di Indonesia, istilah  tauge atau kecambah sudah tidak asing lagi dan bahkan sudah sangat populer.  Tauge merupakan bahan makanan yang banyak mengandung nutrisi. Khususnya bagi Anda yang ingin cepet punya momongan, makanan ini adalah solusinya. Banyak nutrisi yang terkandung di dalam tauge dan merupakan makanan wajib bagi pasangan yang ingin cepat hamil atau sedang menjalani program hamil.

 

Tauge mengandung vitamin B, C, B1, B6, K dan A. Selain itu, tauge juga merupakan sumber zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, mangan, serta asam lemak omega-3 yang berlimpah. Tauge  juga mengandung banyak oksigen, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, membunuh bakteri, meningkatkan mekanisme pertahanan, serta manfaat yang lain untuk kesehatan tubuh kita.

 


 

Cara membuat tauge / kecambah

Tulisan ini kami ambil dari salah satu facebook tulisan Bu Bertha Suranto seorang praktisi hidroponik yang juga pemilik Joglo deso. Tutorial sederhana ini membahas bagaimana cara membuat tauge sendiri di rumah .  

 

Langkah-langkah Membuat Tauge

Pada Hari Pertama

  1. Cuci bersih kacang ijo
  2. Rendam selama 24 jam

Pada Hari ke dua

  1. Siapkan wadah berlubang-lubang dan wadah penampung tetesan air.
  2. Alasi dengan kain flanel, kalau tidak ada kain flanel boleh kain putih biasa.
  3. Alasi lagi dengan kain strimin atau boleh kasa nyamuk.
  4. Tuang kacang ijo yang sudah direndam ke atasnya, lalu ratakan.
  5. Tutupi dengan kain putih yang basah. 

Lapis ke 2

6. Lapisi lagi dengan kain strimin
7. Tuang kacang ijo lagi dan ratakan.
8. Tutupi dengan kain putih basah

 

Lapisi ke 3

 9. Lapisi dengan kain strimin lagi
10. Tuang kacang ijo dan ratakan
11. Tutupi dengan kain putih basah lagi untuk terakhir.

Selanjutnya simpan ditempat yang gelap agar terhindar dari cahaya matahari langsung dan cahaya. Masukkan dalam box,  tutup rapat-rapat dan selanjutnya tutupi kain hitam.

 

 CATATAN PENTING

Saat membuat kecambah, usahakan sebisa mungkin untuk meminimalkan cahaya atau gelap, jadi  tutup dengan kain paling atas boleh 2 lapis.

 

Hari ke Tiga :

kita menyiram dengan air biasa yg bersih. Siram lah sampai rata  3x.
Siram diatas kainnya saja. Tanpa membuka.
Kalau sudah selesai. Tutup lagi dan simpan lagi.

Hari ke Empat : lakukan hal yang sama ya.

Hari ke Lima : kita panen.

Kalau anda mau tauge pendek. Anda panen hari ke Empat, kalau mau tauge panjang anda panen hari ke  Lima. Mau sangat panjang lagi (jangkung banget) tambah satu hari lagi. 

 


 

Cara Memasak Tauge

Beberapa ahli gizi berpendapat bahwa tauge lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah, dimana pada saat nutrisinya masih belum banyak yang rusak. Jika dimasak, idealnya tauge ditumis atau dikukus sebentar saja. Kecambah  harus dimasak sebelum dikonsumsi, yang tujuannya untuk tidak mengambil resiko terhadap kemungkinan adanya bakteri E-coli yang mungkin mengkontaminasi tauge.

Meskipun demikian, disarankan agar tauge tidak dimasak terlalu lama dan harus langsung dikonsumsi segera setelah dimasak untuk mencegah menurunnya kadar nutrisi.

Jika tauge harus direbus, misalnya untuk membuat sup, jangan masukkan tauge ke dalam panci sejak awal. Tambahkan tauge ke dalam panci beberapa saat sebelum api kompor dipadamkan dan makanan dihidangkan. Dengan begitu, vitamin C serta enzim yang rusak diperkirakan hanya sekitar 20%. Jika direbus dalam jangka waktu lama, kerusakan nutrisi mungkin mencapai minimal 60%.

 


 

Manfaat Tauge Bagi Kesehatan

Tauge merupakan bahan makanan yang sangat rendah kalori namun mengandung banyak nutrisi, termasuk protein, vitamin C dan kalsium. Tauge juga merupakan sumber protein dan kalsium yang sangat baik. Untuk hal-hal yang berkaitan dengan kesuburan, tauge memiliki kandungan asam folat, yaitu vitamin yang sangat berguna untuk kesehatan darah dan sangat diperlukan untuk membantu kehamilan.

 

Beberapa Khasiat Tauge Untuk Kesehatan

  1. Tauge mencegah kanker

Antioksidan yang terkandung di dalam kecambah dapat membantu memperlambat proses penuaan dan menghentikan pembelahan sel-sel kanker.

 

  2. Tauge mencegah serangan jantung dan stroke

Orang-orang yang beresiko terserang stroke dan serangan jantung karena naiknya kadar lemak dalam darah, dianjurkan untuk mengkonsumsi tauge banyak-banyak. Tauge akan melawan kolesterol jahat tanpa mengganggu lemak baik (HDL). 

 

3. Manfaat tauge untuk mencegah osteoporosis

Kandungan estrogen alami dalam tauge akan bekerja seperti estrogen buatan. Namun kelebihan estrogen alami tidak memiliki efek negatif. Jadi estrogen dalam tauge dapat dengan mudah meningkatkan ketebalan tulang, struktur tulang dan menghentikan kebusukan tulang.

 

  4. Tauge meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan saponin pada tauge akan memperbaiki sistem pertahanan tubuh, terutama dengan cara meningkatkan aktivitas sel-sel pembuluh darah alami, khususnya limfosit T-sel serta interferon. Tauge berlimpah akan kandungan anti-oksidan yang berguna memerangi radikal bebas.

 

5. Manfaat tauge untuk pencernaan

Karena bersifat basa, tauge sangat baik untuk menstabilkan tingkat keasaman lambung serta membantu pencernaan. Selain itu, kandungan seratnya dapat dengan mudah meningkatkan kontraksi saluran pencernaan, serta memperlancar buang air besar.

 

  6. Manfaat tauge untuk meningkatkan kesuburan

Anda sulit hamil walaupun sudah lama berusaha? Poin ini mungkin untuk Anda. Tauge memiliki khasiat untuk meningkatkan kesuburan. Jika dikonsumsi secara teratur, tauge akan meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam tauge, khususnya vitamin E-alpha, sangat membantu dalam meningkatkan kesuburan bagi laki-laki.

Vitamin E adalah anti-oksidan yang dapat melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas. Dengan mengkonsumsi tauge, vitamin E akan menjaga sel-sel telur atau sperma dari kerusakan akibat radikal bebas.

 

  7. Manfaat tauge untuk kulit

Tauge juga dapat menjadi makanan yang berperan besar untuk kecantikan dan sangat membantu menyegarkan serta melembutkan kulit Anda. Ini karena tauge mengandung vitamin E dalam jumlah besar. Vitamin E adalah anti-oksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. 

8. Manfaat tauge untuk menurunkan berat badan

Tauge juga tidak mengandung banyak lemak. Satu mangkuk tauge hijau, hanya mengandung 0,11 gram lemak, oleh karenanya tauge merupakan sumber makanan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Diet rendah lemak dengan menu tauge, sangat ideal untuk menurunkan berat badan. Selain diet rendah lemak, tauge juga dapat mengurangi kemungkinan diabetes tipe 2 (yang mana sering terjadi akibat pola makan buruk dan gaya hidup tidak sehat).

 

  9. Manfaat tauge untuk mencegah gangguan menstruasi dan menopause

Kemampuan de-oksidasi yang dimiliki tauge dapat dengan meningkatkan sirkulasi aliran darah untuk menghindari serta menetralkan faktor yang dapat mengganggu menstruasi. Jika Anda sering mengkonsumsi tauge sebelum menstruasi, maka Anda akan terhindar dari seluruh masalah yang mungkin terjadi selama mensturasi. 

 

  10. Manfaat tauge untuk wanita

Tauge juga mengandung estrogen alami yang berfungsi seperti estrogen buatan. Estrogen dalam tauge tentu dapat meningkatkan kepadatan serta struktur tulang, dan juga menghentikan pengeroposan tulang (osteoporosis).

Wanita yang mengkonsumsi tauge secara teratur juga terhindar dari risiko kanker payudara, masalah haid dan gejala pra-menopause, serta masalah lain yang menyertai menopause.

 

  11. Manfaat tauge untuk awet muda

Ini penting, terutama bagi Anda yang mau tetap terlihat muda. Tauge padat akan kandungan anti-oksidan kuat yang baik untuk menghindarkan tubuh dari bahaya radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini.

 

  12. Menghilangkan racun

Manfaat lain tauge adalah membantu menghilangkan kotoran dalam usus besar karena tauge mengandung banyak serat dan air. Kandungan serat dan air ini akan membantu tubuh untuk menghindari penumpukan bahan kimia beracun yang dapat menyuburkan sel-sel kanker.

 

  13. Manfaat tauge untuk mengatasi anemia

Tauge kaya akan kandungan zat besi yang penting untuk pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Hemoglobin sebenarnya adalah protein yang terkandung dalam sel-sel darah merah.

Oleh karena itu, mengkonsumsi tauge bisa menurunkan resiko anemia. Tauge juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi pada usus, sehingga dapat menghentikan anemia yang sering terjadi akibat kekurangan zat besi.

Kalau Anda duduk atau jongkok dalam jangka waktu yang lama, trus kemudian berdiri dan langsung puyeng atau berkunang-kunang, berarti Anda kekurangan zat besi. Anda kandidat kuat untuk menjadi pemborong tauge di abang tukang sayur.

 

  14. Manfaat tauge untuk mengatasi sembelit

Karena tauge mengandung banyak serat, maka tauge mampu meningkatkan pergerakan usus sehingga mencegah susah buang air besar.

 

  15. Manfaat tauge untuk rambut dan kuku

Kerusakan rambut dan kuku biasanya disebabkan karena kekurangan gizi tertentu, terutama seng, vitamin serta protein. Tauge sarat akan kandungan nutrisi yang diperlukan untuk memperbaiki kesehatan rambut dan kuku.

 

  16. Manfaat tauge untuk kesehatan hati

Tauge sangat bermanfaat untuk kesehatan hati. Liver maksudnya, bukan menyehatkan hati yang galau dan risau.

Tauge mengandung banyak lesitin yang membantu untuk menjaga kadar kolesterol darah dan juga mengurangi lemak hati, yang pada gilirannya membantu mencegah penumpukan lemak dalam hati yang bisa menyebabkan gangguan hati.

 

  17. Manfaat tauge untuk mengatasi stress dan kelelahan

Tauge membantu dalam menghilangkan atau melawan indikasi tekanan mental maupun fisik dan kelelahan.

 

  18. Menurunkan resiko beberapa cacat lahir

Sebanyak dua dari setiap 1.000 bayi yang lahir di Amerika Serikat setiap tahun, lahir dengan masalah cacat tabung saraf (sumsum tulang belakang) karena ibu mereka kekurangan nutrisi tertentu saat hamil.

Mengkonsumsi suplemen asam folat sebelum hamil dan selama hamil dapat mencegah masalah tersebut. Tauge mengandung asam folat dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.

sumber : program-hamil.com