Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Tanaman Obat untuk Radang Mata

Mata merah merupakan gejala adanya peradangan pada membran halus yang berbatasan dengan pelupuk mata (konjungtiva). Gejalanya adalah mata memerah, terasa nyeri, berair, gatal, keluar kotoran (belekan), dan penglihatan (kabur). Penyakit bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti infeksi virus atau bakteri, alergi (debu, serbuk, bulu, angin, atau asap), penggunaan lensa kontak yang kurang bersih, dan pemakaian lensa kontak jangka panjang.

Radang mata kadang kala bersifat sangat menular dan dapat berjangkit secara epidemis. Meskipun gangguan ini tidak berbahaya, jika tidak segera teratasi akan mengakibatkan peradangan kronis yang dapat merusak saraf mata.


Tanaman obat yang dapat menyembuhkan radang mata adalah :

  • 15 gram boroco dan hati ayam secukupnya direbus dengan air secukupnya kemudian dimakan.
  • 5 lembar daun sirih direbus dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin, airnya disaring kemudian digunakan untuk mencuci mata.
  • Bunga kembang telang secukupnya direbus dengan air secukupnya. Setelah dingin, airnya digunakan untuk mencuci mata.
  • Daun kembang sepatu secukupnya direbus dengan air secukupnya hingga mendidih. Tunggu sampai airnya hangat, lalu diminum
  • 2 ibu jari kayu secang direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Setelah dingin, airnya disaring kemudian digunakan untuk mencuci mata
  • 30 gram sambiloto dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Tunggu sampai airnya hangat, kemudian diminum.

Catatan:
Pilihlah salah satu resep tersebut diatas dan lakukan secara teratur 1 kali sehari.