Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Terung, Sayuran yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan

Khasiat TerongPasti Anda semua telah mengenal sayuran terung. Mungkin sebagian masyarakat kita menganggap terung hanyalah sayuran kampung sehingga jarang orang mengonsumsinya, tetapi di luar negara kita misalnya Italia, terung memiliki kedudukan yang istimewa. Bahkan dianggap sebagai bahan makanan yang lezat dan dapat disuguhkan sebagai hidangan yang istimewa. Tidak jarang restoran ternama pun menyajikan menu yang berasal dari terung ini. Meskipun banyak yang berpendapat bahwa terung dapat menurunkan keperkasaan kaum lelaki, ternyata terung memiliki banyak khasiat terutama dalam mencegah berbagai penyakit.

Tanaman terung merupakan tanaman setahun berbentuk perdu yang termasuk dalam famili solabaceae dengan nama ilmiah Solanum nemongena. L. Tingginya berikisar antara 50-150 cm, memiliki permukaan kulit batang, cabang dan daun yang tertutup oleh bulu-bulu halus. Terung dapat dengan mudah ditanam di mana saja baik di daerah dataran rendah maupun tinggi. Terung merupakan tanaman asli daerah tropis yang diduga berasal dari asia, terutama Birma dan India yang kemudian pada abad ke 5 tersebar ke Cina.

Tanaman terung terdiri atas berbagai macam jenis, antara lain: terung gelatik, terung kopek, terung cragi, terung medan, terung Bogor. Tidak hanya itu, jenis terung yang sering diperjual belikan adalah terung Jepang dan terung Belanda.