Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Berbagai Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan Tubuh

khasiat lengkuasSiapa yang tidak mengenal lengkuas? Tanaman yang menjadi bumbu dapur ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain untuk menambah sedapnya masakan, juga dapat sebagai obat herbal. Ada dua jenis lengkuas yaitu lengkuas putih yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, juga ada lengkuas merah. Lengkuas merah inilah yang dapat dijadikan sebagai obat.

Tanaman lengkuas memiliki batang pohon yang terdiri dari susunan pelepah-pelepah daun. Daun-daunnya berbentuk bulat panjang. Bunganya muncul pada bagian ujung tanaman. Rimpang umbi lengkuas merayap, berdaging, kulitnya mengkilap, berserat kasar dan mempunyai aroma yang khas.

Rimpang lengkuas mengandung minyak atsiri, minyak terbang, eugenol, seskuiterpen, pinen, metil sinamat, kaemferida, galangan, galangol, saponin, flaronoida, polifenol dan kristal koning.

Khasiat dari lengkuas dapat mengobati rematik, sakit limfa, membangkitkan gairah suami istri, menambah nafsu makan, mengobati bronkitis, campak, radang kembung, menghilangkan bercak-bercak kulit dan tahi lalat, mempercepat pembersihan rahim serta mengobati panu.