Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Khasiat Mahkota Dewa

khasiat mahkota dewaMahkota Dewa atau yang bernama latin Phaleria macrocarpa dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia. Tanaman mahkota dewa berasal dari daratan Papua (Irian Jaya). Tanaman mahkota dewa seringkali ditanam di kebun atau di pekarangan sebagai tanaman hias atau sebagai tanaman peneduh. Tanaman mahkota dewa tumbuh tegak, tingginya mencapai 1-2,5 m dan batangnya berbentuk bulat, dengan permukaan kasar dan berwarna coklat. Mempunyai getah dan percabangannya simpodial.

Daun mahkota dewa termasuk daun tunggal dengan letaknya berhadapan dan bertangkai pendek. Helaian daunnya berbentuk lanset atau jorong dengan ujung dan pangkalnya runcing dan tepi daun rata, tulang daun menyirip, permukaan daun licin dan berwarna hijau.

Tanaman ini berbunga sepanjang tahun dan bunganya terletak menyeluruh pada batang atau pada ketiak daun. Bunganya berbentuk tabung dan berukuran kecil, warnanya putih dan berbau harum. Sedangkan buahnya memiliki diameter 3-5 cm dengan permukaan licin dan beralur. Pada waktu muda, buahnya berwarna hujau, sedangkan sudah tua buahnya berwarna putih, berserat dan berair. Bijinya bulat keras berwarna coklat.

Tanaman ini banyak ditanam karena memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah batang, daun dan buah. Batangnya dapat mengobati kanker. Sedangkan daunnya dapat mengobati lemah syahwat, disentri, alergi  dan tumor.