Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Bangle, Tanaman Herbal Yang Berkhasiat

Manfaat Bangle untuk kesehatanMungkin banyak orang yang sudah mendengar kegunaan bangle sebagai tanaman obat. Tanaman yang umumnya ditanam di pekarangan ini tidak tahan tumbuh di tanah yang becek (tergenang) karena perkembangannya akan terganggu dan rimpang mudah busuk.

Tanaman bangle termasuk tanaman semak (herba) yang tumbuhnya tegak dengan tinggi mencapai 1-1,5 meter. Tanaman ini membentuk rumpun yang agak padat, berbatang semu, yang terdiri dari pelepah daun yang di pinggir ujungnya berambut sikat. Bunganya termasuk bunga majemuk, berbentuk tandan yang keluar di ujung batang. Daun kelopak tersusun seperti sisik tebal, kelopaknya berbentuk tabung, ujung bergerigi tiga dengan warna merah menyala. Bangle mempunyai rimpang yang menjalar dan berdaging bentuknya hampir bundar sampai jarang atau tidak beraturan, tebalnya antara 2-5 m. Rimpang bangle berbau khas aromatik, rasanya agak pahit dan agak peda, namun sangat berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit karena di dalam rimpang bangle mengandung minyak atsiri, damar, pati dan tanin.

Berikut ini uraian penggunaan tanaman dan rimpang bangle sebagai obat tradisional.

Obat Demam dan masuk angin

Bahan yang diperlukan:
15 gr rimpang bangle yang masih segar, dan 2 sendok makan madu
Cara meracik:
Rimpang bangle dicuci hingga bersih, lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air panas dan 2 sendok makan madu. Diaduk merata lalu diperas dan disaring.
Cara pemakaian:
Airnya diminum 2 kali sehari.