Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu untuk KesehatanPohon mengkudu kebanyakan dapat kita temukan di pekarangan rumah. Memang, pohon atau tanaman mengkudu tumbuh dengan mudah di mana saja, bahkan seringkali ditemukan sebagai tanaman liar yang tumbuh di antara pepohonan lainnya. Tanaman yang memiliki nama latin Morinda citrifolia, L. sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia sebagai tanaman sehat.

Tanaman mengkudu tumbuh di dataran rendah pada ketinggian 1500 m di atas permukaan laut (dpl). Tinggi tanaman mengkudu dapat mencapai 3-8 m. Tanaman ini memiliki bongkol yang berwarna putih. Buahnya berwarna hijau mengkilap, berbenjol-benjol dan baunya sangat menyengat.

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat karena dalam buah mengkudu terkandung antriguinone dan scopoletin yang berfungsi aktif sebagai antimikroba, minyak atsiri, serta damnacanthal yang berperan mencegah perkembangan sel kanker.

Khasiat lain dari daun dan buah mengkudu yaitu dapat mengobati hipertensi, radang sendi, nyeri otak, diabetes mellitus, osteoporosis (pengeroposan tulang), lesu, kanker, asam urat dan rematik.

Meskipun sekarang ini sudah banyak mengkudu yang sudah dikemas dan siap saji, tidak ada salahnya jika Anda meracik sendiri buah mengkudu untuk Anda jadikan sebagai obat bila Anda mudah untuk mendapatkannya.