Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun SirihSiapa yang tidak mengenal daun sirih, atau juga bisa kita sebut daun suruh. Daun yang sering dikunyah bersama dengan gambir, pinang, dan kapur oleh para sesepuh kita pada zaman dulu, pastinya sudah tidak asing lagi.

Tanaman sirih merupakan sejenis tanaman merambat. Biasanya tanaman sirih dapat ditanam sebagai tanaman hias, tumbuhnya melilit pada tanaman lain tanpa mengganggu tanaman yang ditumpanginya. Tanaman yang memiliki panjang hampir 15 meter ini, memiliki batang yang berwarna hijau kecoklatan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tepat keluarnya akar.  Daun sirih termasuk daun tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, letaknya berselingan, bertangkai dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas.

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (beklephenol), seskuiterpen, patr, diatase, gula dan zat samak, danchavicol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidan dan fungisida (antijamur). Daun sirih juga bersifat menahan pendarahan, menyembuhkan luka pada kulit, gangguan saluran pencernaan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik dan menghilangkan bau badan.

Khasiat lainnya adalah dapat mengobati batuk, sariawan, bronchitis, jerawat, keputihan, sakit gigi karena berlubang, demamberdarah, bau mulut, haid tidak teratur, asma radang tenggorokan, gusi bengkak, eksim, luka bakar, koreng, kurap kaki, bisul, mimisan, sakit mata, mengurangi produksi ASI dan menghilangkan gatal.


Cara pemakaian sirih yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional diuraikan berikut ini.

Mimisan

Ambil daun sirih 1 lembar, cuci hingga bersih, gulung hingga bisa masuk ke dalam hidung. Sebaiknya bila terjadi mimisan, jangan sekali-kali menengadahkan kepala ke atas untuk menghindari menetesnya darah. Karena hal itu justru akan memungkinkan darah kembali ke rongga hidung dan sampai ke rongga mulut. Maka sebaiknya darah dibiarkan meneter dan tahanlah dengan menggunakan tisu, kemudian segera masukkan gulungan daun sirih tersebut ke dalam lubang hidung.


Mengurangi produksi ASI yang berlebihan

Bahan yang diperlukan adalah 4 lembar daun sirih dan minyak kelapa secukupnya. Kemudian, daun sirih diolesi minyak kelapa lalu dipanggang dengan api. Setelah itu, tempelkan daun yang telah dipanggang dalam keadaan masih hangat di seputar buah dada.


Keputihan

Ambil daun sirih sekitar 7-10 lembar, cuci bersih, lalu rebus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Tunggu hingga agak hangat, buat air rebusan tersebut untuk dipakai membasuh/membersihkan seputar daerah kewanitaan secara berulang-ulang.


Sakit jantung

Ambil 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah dan 1 sendok jintan putih. Semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, tambahkan 5 sendok air panas, dan biarkan beberapa menit, kemudian peras dan saring. Air perasan tersebut diminum 2 kali sehari dan dilakukan secara teratur.


Sifilis

Ambil 25-10 lembar daun sirirh berama tangkainya, 1/4 kg gula aren dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut direbus bersama 2 liter air sampai mendidih. Dinginkan  kemudian saring. Minum air rebusan tersebut 3 kali sehari secara terus menerus.


Alergi

Siapkan 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok minyak kayu putih. Tumbuk semua bahan tersebut sampai halus, lalu oleskan pada daerah yang gatal-gatal/alergi.


Diare

4-6 lebar daun sirih, dengan 6 biji lada (merica) dan 1 sndok makan minyak kelapa, ditumbuk sampai halus, lalu oleskan di daerah perut.


Bronkhitis

Siapkan 7 lembar daun sirih, 1 potong gula batu dan 2 gelas air. Daun sirih diiris tipis-tipis, lalu direbus dengan gula batu dan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas kemudian saring. Air saringan tersebut diminum 3 kali sehari-hari masing-masing 3 sendok makan.


Sakit gigi berlubang

Seduh 2 lembar daun sirih yang telah diremas-remas, ditambah 1/2 sendok makan garam dengan 1 gelas air panas, aduk sampai garam larut. Diamkan sampai dingin. Gunakan air ramuan ini untuk kumur-kumur.


Batuk

Siapkan 4 lembar daun sirih, 3 lembar daun widara upas dan madu secukupnya. Daun sirih diiris-iris, kemudian direbus dengan daun widara upas, madu secukupnya dan 2 gelas air sampai mendidih. Dinginkan. Setelah dingin, pakai untuk kumur-kumur dan diulang secara teratur sampai sembuh.


Menurunkan kolesterol

Siapkan 15 lebar daun sirih segar, cuci hingga bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air, sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring. Air saringannya diminum setiap hari.

Asma, encok, batuk berdahak, batuk kering dan sakit ketika mengeluarkan air seni

Ambil 11 lembar daun sirih, cuci hingga bersih, lalu rebus dengan 1,5 liter air. Dinginkan. Ramuan ini diminum 2 kali sehari, pagi dan sore masing-masing 1 gelas, lakukan selama 3 hari berturut-turut.


Bau mulut

Siapkan 5 helai daun sirih, 1 jari kencur, 5 gr adas dan 5 gram pinang. Pinang dan kencur diiris halus, lalu semua bahan direbus dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah itu disaring. Air saringannya diminum sekali sehari.


Sakit mata

Ambil 2 lembar daun sirih, cuci hingga bersih, letakkan di atas wadah tahan panas yang bersih, lalu siram dengan air panas. Diamkan sampai air seduhan tadi menjadi dingin. Setelah dingin, bersihkan mata dengan air seduhan tersebut dan lakukan sampai mata sembuh.


Sakit tenggorokan

Ambil 125 gr daun sirih, 250 gr gula batu bubuk dan 1/2 liter air. Daun sirih direbus dengan air, masukkan gula batu dan aduk sampai merata. Air rebusannya diminum 3 kali sehari.


Sakit pinggang

Siapkan 3 helai daun sirih dan 1 sendok makan kapur sirih. Daun sirih ditumbuk hingga halus, kemudian bersama kapur sirih dimasukkan ke dalam gelas berisi 1/2 gelas air. Aduk dan peras, laluendapkan selama 1 jam. Air bagian atas endapan diminum 2 kali sehari sesudah makan. Lakukan setiap hari sampai 3-4 hari.

Sumber: Buku Apotek Hidup dari Rempah-rempah, Tanaman Hias dan tanaman Liar/Atin Septiatin