Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Khasiat Minyak Wijen Bagi Kesehatan

Sobat, sekarang saatnya kita membahas khasiat minyak wijen bagi kesehatan. Bila mendengar kata wijen, maka kita akan teringat biji-bijian yang dipakai pada kue onde-onde. Rasanya yang gurih membuat wijen sebagai penambah rasa. Wijen termasuk salah satu tanaman yang pertama kali diambil bijinya untuk dijadikan minyak dan penyedap makanan. Minyak wijen adalah minyak nabati yang berasal dari ekstraksi biji wijen. Minyak wijen terdiri dari dua jenis, minyak dari biji wijen yang telah disangrai dan minyak dari biji wijen mentah.

Biji wijen mengandung 50-53% minyak nabati, 20% protein, 7-8% serat kasar, 15% residu bebas nitrogen, dan 4,5-6,5% abu. Minyak biji wijen kaya akan asam lemak tak jenuh, khususnya asam oleat (C18:1) dan asam linoleat (C18:2, Omega-6), 8-10% asam lemak jenuh, dan sama sekali tidak mengandung asam linolenat. Minyak biji wijen juga kaya akan Vitamin E. Ampas biji wijen (setelah diekstrak minyaknya) menjadi sumber protein dalam pakan ternak.

Minyak wijen kaya asam amino seperti ariginin sebesar 12,5 mg, histidin 2,1 mg, leusin 8,9 mg, dan fenilalnin 6,2 mg. Kadar itu lebih besar ketimbang asam amino serupa dalam kedelai dan kacang tanah. Oleh karena itu minyak wijen disebut raja minyak nabati. Dalam dunia industri makanan, peran minyak wijen sebagai pengenyal. Di Industri kosmetik minyak wijen berfungsi sebagai pengikat aroma dan katalisator. Sesamin dan sesamolin dalam minyak itu berfungsi sebagai sinergis, pembuat tinta dan cat.

Asam oksalat dan sesamin berfaedah sebagai obat-obatan. Minyak wijen memang meningkatkan fungsi lever, kecerdasan, stamina, menghitamkan rambut, dan mencegah penuaan. Selain itu juga berguna mencegah kerontokan rambut, kanker, penyakit degenaratif, stroke, hipertensi dan lain-lain. Selain kegunaan yang telah disebutkan, wijen dapat dimanfaatkan dalam mengatasi penyakit batuk, katarak, sakit perut, sakit kepala, kencing nanah, kencing manis, sembelit, rematik dan luka-luka.